Homepage Loading Icon
Jangan salah! Ini cara menghitung Kenaikan Berat badan yang tepat Saat Hamil

Jangan salah! Ini cara menghitung Kenaikan Berat badan yang tepat Saat Hamil

author iconanisyukur
date icon03 10 2019
category iconMasa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui,

Saat hamil, Moms akan mengalami banyak perubahan salah satunya adalah kenaikan berat badan. Kenaikan badan ini umumnya akan mulai naik di trimester pertama kehamilan. Pada trimester pertama biasanya berat badan akan naik sekitar 2-4kg. Namun Moms juga harus mengetahui apakah angka  kenaikan berat badan tersebut adalah normal atau tidak. Supaya mengetahui, apakah kenaikan berat badan Mama saat hamil tergolong normal atau tidak, pertama-tama Mama dapat menghitung berat badan dengan cara penghitungan BMI (Body Mass Index) berikut ini:

Berat badan (dalam kg) : Kuadrat tinggi badan (dalam ukuran meter).
BMI = (BB) / [(TB) x (TB)]
Contoh : Misalkan berat badan Moms 50 kg, dengan tinggi badan 160cm. Berarti cara menghitungnya adalah 50 : (1,6m x 1,6m) = 19,53

Setelah mengetahui BMI, dengan menggunakan panduan dari Institute of Medicine (IOM) Mama bisa mengetahui apakah berat badan yang dimiliki saat ini underweight, normal, atau malah overweight.

1. BMI di bawah 18.5

Angka ini menunjukan bahwa Moms memiliki berat badan yang underweight atau di bawah angka normal. Kenaikan berat badan ideal selama hamil adalah 12 sampai 18 kg. Moms mungkin dapat mencoba untuk memakan makanan dikit tetapi secra terus-menerus untuk membantu menambah kenaikan berat badan.

2. BMI 18.5 sampai 24.9

Untuk Moms yang masuk dalam kategori ini, Moms termasuk dalam golongan berat badan yang baik adalah 11 hingga 16 kg. Moms juga harus mampu menjaga berat badah agar tidak naik terlalu banyak saat hamil hingga justru kelebihan berat badan.

3. BMI antara 25 – 29,9 

Angka ini menunjukan bahwa Moms termasuk dalam kategori berbadan gemuk. Kenaikan berat badan hanya boleh sebesar 7 – 11,5. Pada tahap ini Moms wajib memperhatikan asupan makanan terlebih asupan gula karena Moms akan terkena risiko terkena diabetes melitus.

4. BMI di atas 30

Moms yang berada di dalam kategori patut berhati-hati karena Moms mengalami obesitas. Kenaikan berat badan ideal adalah 5 sampai 9 kg saja. Mama dapat menjalani diet sehat saat hamil, dan dapat berkonsultasi pada dokter ahli gizi untuk mengetahui makanan yang sehat selama hamil.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Mooimom Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 599,000

Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

IDR 290,000

Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 499,000

Skinny Maternity Jeans with Rips Celana Jeans Hamil
Skinny Maternity Jeans with Rips Celana Jeans Hamil

IDR 499,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved