Homepage Loading Icon
Ibu Hamil, Ini Lho Cara Mengatasi Ngilu pada Kemaluan

Ibu Hamil, Ini Lho Cara Mengatasi Ngilu pada Kemaluan

author iconfallin
date icon18 04 2019
category iconMasa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui,

Usia kehamilan yang terus bertambah dan bayi dalam kandungan yang semakin membesar menimbulkan beberapa gejala pada ibu hamil. 

 

Salah satunya adalah rasa ngilu pada daerah kemaluan ketika melakukan gerakan tertentu seperti naik tangga, turun dari tempat tidur, atau gerakan lainnya yang berhubungan dengan otot-otot di sekitar kemaluan. 

 

Ngilu pada tulang atau otot sekitar kemaluan yang disebut symphysis pubis diastasis (SPD) sebenarnya normal dialami ibu hamil. Di masa akhir kehamilan, hormon relaksin akan membuat otot panggul dan jalan lahir merenggang untuk mempersiapkan kelahiran bayi. Namun, perenggangan ini juga bisa menjadi terasa menyakitkan pada beberapa ibu hamil.

 

Rasa ngilu pada ibu hamil biasanya dirasakan pada perut bagian bawah, di atas rambut kemaluan. Ibu hamil dapat merasakannya terutama saat melakukan gerakan tertentu, seperti saat bangun dari tempat tidur, mengenakan celana, duduk dalam waktu lama, masuk ke mobil, atau saat berjalan kaki.

 

Rasa ngilu pada kemaluan saat hamil ini tidak jarang disertai gejala lain, seperti nyeri punggung bagian bawah, paha bagian dalam, atau sela paha. 

 

Ibu hamil akan lebih berisiko mengalami rasa ngilu pada bagian kemaluan adalah:

- Mengandung bayi kembar

- Hamil anak kedua atau seterusnya

- Bayi yang dikandung berukuran sangat besar

- Pernah mengalami SPD pada kehamilan sebelumnya

- Punya riwayat nyeri punggung bawah

- Pernah mengalami cedera pada kemaluan

- Melakukan pekerjaan atau aktivitas fisik yang berat

- Kelebihan berat badan sebelum hamil

 

Rasa nyeri ini bisa saja membuat Bumil susah tidur dan tidak nyaman beraktivitas. Kabar baiknya, rasa sakit ini umumnya akan reda setelah bayi lahir. 

 

Ada cara yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan rasa ngilu pada kemaluan saat hamil yakni sebagai berikut :

 

Hindari Gerakan Pemicu

Berdiri dengan satu kaki atau berdiri terlalu lama. Menyilangkan kaki. Mendorong atau mengangkat benda berat, terlebih lagi jika mengangkatnya dengan satu tangan. Duduk di lantai. Selain itu, jangan lupa kenakan sepatu yang datar dan nyaman ya, Bumil.

 

Mengubah Kebiasaan Tertentu

Ibu hamil perlu melakukan beberapa aktivitas dengan cara yang berbeda, misalnya: Berpakaian sambil duduk. Memposisikan lutut berdekatan saat naik dan turun dari mobil. Tidur dengan posisi yang nyaman, misalnya berbaring menyamping dengan menggunakan bantal hamil. Saat berbalik badan, dekatkanlah kedua lutut dan kencangkan bokong.

Menaiki anak tangga satu-persatu, ketika naik tangga. Mencari posisi yang dirasa paling nyaman dan tidak mendatangkan rasa sakit, saat berhubungan seksual.

 

Selain cara di atas, untuk mengurasi rasa ngilu di sekitar kemaluan, ibu hamil bisa menggunakan ikat pinggang khusus hamiluntuk menguatkan otot panggul.

 

Hal yang tidak kalah penting adalah jangan enggan meminta bantuan orang lain untuk mengerjakan pekerjaan tertentu. Dan jangan lupa istirahat, jika tubuh sudah merasa lelah.

 

Ibu hamil bisa menempatkan botol berisi air hangat pada bagian yang ngilu untuk meredakan nyeri. Selain itu, berenang dan senam hamil juga dapat membantu mengurangi rasa ngilu.

 

Konsultasikan ke dokter kandungan jika rasa ngilu atau nyeri pada kemaluan tidak reda hingga beberapa minggu setelah persalinan. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

IDR 290,000

Cotton Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui
Cotton Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui

IDR 349,000

Cotton Soft Maternity & Nursing Tank Top Baju Hamil Menyusui
Cotton Soft Maternity & Nursing Tank Top Baju Hamil Menyusui

IDR 249,000

Comfort Maternity Leggings Celana Ibu Hamil
Comfort Maternity Leggings Celana Ibu Hamil

IDR 199,000

Maternity Halter Stripe 2-Piece Set Swimsuit Baju Renang Ibu Hamil
Maternity Halter Stripe 2-Piece Set Swimsuit Baju Renang Ibu Hamil

IDR 399,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved