Homepage Loading Icon
Hal yang Terjadi pada Ibu 48 Jam Setelah Melahirkan

Hal yang Terjadi pada Ibu 48 Jam Setelah Melahirkan

author iconfallin
date icon11 03 2019
category iconKehamilan & Menyusui, Kelahiran Anak, Tips, keluarga, Menyusui,

 

Setelah sembilan bulan mengandung dan melahirkan, perjuangan seorang ibu belum selesai. Perjuangan yang sebenarnya baru akan dimulai.

 

Saat-saat Kehamilan boleh jadi adalah tahapan yang paling menyenangkan dalam kehidupan seorang ibu. Bagaimana tidak, seluruh perhatian tertuju padanya. Seorang ibu juga bebas melakukan apapun, hingga makan sebanyak apapun.

 

Namun, saat-saat indah tersebut harus berakhir sementara setelah persalinan. Karena seorang bayi kecil yang telah lahir membutuhkan perhatian ekstra, belum lagi kondisi tubuh yang belum normal membuat seorang ibu harus memiliki mental dan fisik sekuat baja. 

 

Nah bagi para new moms yang akan melalui tahapan tersebut. Ada baiknya menyimak informasi berikut untuk mempersiapkan mental dan fisik yang matang. 

 

Extreme Mood Swing

Ini terjadi Karena hormon ibu yang masih belum stabil pasca melahirkan. Seorang ibu akan cepat mares sedih jika sesuatu tidak sesuai dengan harapannya. 

 

Kondisi tubuh yang tidak sempurna pasca melahirkan, ASI yang belum keluar, bekas luka melahirkan, hingga kondisi anak yang belum stabil dapat langsung membuat ibu merasa sangat sedih dan terpukul. Sebaliknya, seorang ibu akan mudah tertawa dengan hal-hal kecil. 

 

Puting Lecet

Menyusui menjadi tantangan lain pasca melahirkan ipallagi ketika si ibu mengalami lecet pada puting. Puting lecet terjadi karena posisi perlekatan (lathching) saat menyusui yang tidak tepat. 

 

Usapkan beberapa tetes ASI ke puting yang luka setiap kali bayi akan dan dan selesai menyusui. Ibu juga bisa mengoleskan salep atau krim menyusui setiap setelah menyusui.

 

 

Perubahan pada Vagina

Pada saat işbu melahirkan secara normal, vagina dan perineum (daerah antara rektum dan vagina) akan meregang, bengkak, memar. Seberapa besar peregangan pada vagina ini tergantung dari ukuran bayi, genetika, otot-otot vagina dan keadaan saat melahirkan.

 

Rasa sakit pada vagina dan perineum ini membuat Anda tidak nyaman saat duduk. Untuk meringankan rasa sakitnya, Anda perlu mandi dan merendamnya dalam air, atau Anda bisa mengompresnya dengan air es untuk meringankan pembengkakan dan rasa sakit. 

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
3 Pack NEW Seamless Bra
3 Pack NEW Seamless Bra

IDR 597,000

BreastFeeding Nursing Cover Apron Celemek Menyusui
BreastFeeding Nursing Cover Apron Celemek Menyusui

IDR 299,000

Baby Muslin Swaddle Blankets / Selimut Bedong Bayi
Baby Muslin Swaddle Blankets / Selimut Bedong Bayi

IDR 189,000

Washable Nursing Pads (2 Pairs) - Penyerap ASI
Washable Nursing Pads (2 Pairs) - Penyerap ASI

IDR 129,000

Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan
Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan

IDR 149,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved