Homepage Loading Icon
Gatal-gatal Berlebihan Saat Hamil, Mungkin Moms Terkena Kolestasis Obstetri

Gatal-gatal Berlebihan Saat Hamil, Mungkin Moms Terkena Kolestasis Obstetri

author iconfallin
date icon12 03 2019
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Masa Kehamilan, Tips, Kelahiran Anak,

Gatal-gatal ringan adalah hal yang umum terjadi pada kehamilan. Ibu hamil kerap merasa gatal di bagian perut atau payudara. Hal tersebut normal terjadi karena kondisi kulit yang merenggang. 

 

Namun, gatal-gatal perlu mendapat tindakan jika ibu hamil mulai merasa tidak nyaman dan terganggu aktivitasnya. Karena mungkin ia menderita Kolestatis Obstetri. 

 

Kolestasis obstetri atau Obstetric Cholestasis atau Intrahepatic Cholestasis of Pregnancy (ICP) adalah kelainan berpotensi serius yang dapat terjadi saat kehamilan. Normalnya, garam empedu mengalir dari hati ke usus untuk membantu pencernaan. Pada kolestasis obstetri, garam empedu tidak mengalir sehingga menumpuk di dalam darah hingga menyebabkan rasa gatal yang luar biasa. Tidak ada pengobatan untuk kolestasis obstetri, tapi kondisi ini akan hilang dengan sendirinya ketika bayi Anda lahir.

 

Kolestasis obstetri adalah gangguan turunan dari keluarga, tapi dapat juga terjadi tanpa riwayat keturunan. Jika Anda pernah mengalami kolestasis obstetri saat kehamilan sebelumnya, kemungkinan Anda akan mengalaminya lagi di kehamilan selanjutnya. 

 

Beberapa penelitian menemukan bahwa bayi dari ibu yang mengalami kolestasis obstetri memiliki kemungkinan lahir prematur atau meninggal meski belum diketahui seberapa tinggi risikonya. 

 

Gejala utama kolestasis obstetri adalah gatal parah pada seluruh tubuh Anda, biasanya tanpa ruam dan umumnya terjadi pada 4 bulan terakhir kehamilan. Beberapa wanita merasakan gatal dan ruam parah. Pada wanita dengan kolestasis obstetri, rasa gatal tidak tertahankan dan terjadi terus menerus, memburuk pada malam hari. Kadang gatal lebih terasa pada telapak tangan dan telapak kaki.

 

Gejala lainnya meliputi urin yang keruh, sakit kuning (pada kulit atau bagian putih pada mata) dan feses yang berwarna pucat.

 

Menangani Kolestasis Obstetri

Kolestasis obstetri dapat didiagnosis dengan melihat riwayat medis atau riwayat keluarga Anda, juga tes darah yang menguji fungsi hati atau Liver Function Tests (LFT). Tes ini berguna agar dokter dapat memantau kondisi Anda.

 

Krim seperti lotion calamine aman digunakan saat kehamilan dan dapat meringankan rasa gatal. Ada juga obat-obatan yang dapat mengurangi kadar garam empedu dan meringankan rasa gatal, namun obat-obatan ini hanya digunakan atas saran dan rekomendasi dokter kandungan.

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Seamless High Waist Maternity Briefs Celana Dalam Hamil
MOOIMOM Seamless High Waist Maternity Briefs Celana Dalam Hamil

Rp 149,000

MOOIMOM Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
MOOIMOM Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

Rp 290,000

MOOIMOM Boyfriend Maternity Jeans With Ripped Celana Jeans Hamil
MOOIMOM Boyfriend Maternity Jeans With Ripped Celana Jeans Hamil

Rp 649,000

Super Soft Maternity Briefs / Celana Dalam Hamil
Super Soft Maternity Briefs / Celana Dalam Hamil

Rp 89,000

MOOIMOM Wireless Everyday Maternity & Nursing Bra
MOOIMOM Wireless Everyday Maternity & Nursing Bra

Rp 199,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved