Homepage Loading Icon
6 Cara Ampuh Meredakan Sakit Kontraksi Melahirkan

6 Cara Ampuh Meredakan Sakit Kontraksi Melahirkan

author iconIntan
date icon28 06 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Kelahiran Anak,

Kontraksi adalah salah satu tanda akan segera melahirkan. Hal ini terjadi secara natural dan menjadi tanda bahwa Moms sudah siap menunggu lahirnya si Kecil ke dunia.

Seperti apa rasanya kontraksi? Berapa lama kontraksi sebelum persalinan berlangsung? Ya, tentu saja ada banyak cerita tentang kontraksi ini.

Meski semua Moms setuju bahwa kontraksi itu identik dengan rasa sakit, namun jangan sampai hal ini membuat Moms panik dan takut menghadapi persalinan, ya. 

Moms yang akan melakukan persalinan, sangat penting untuk mengarahkan pikirannya agar tetap rileks agar bisa menikmatinya.

Selain itu, ada juga beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit kontraksi melahirkan, diantaranya:

1. Rileks

Moms harus memberikan sugesti ke tubuh Moms untuk tetap rileks selama kontraksi berlangsung. Jika Moms mengeluhkan rasa sakit tersebut, maka pikiran Moms akan tertuju untuk merasakan sakitnya saja dan rasa sakitnya justru bisa bertambah.

Akibatnya, Moms pun akan menjadi semakin tegang. Moms bisa bersantai dan mengalihkan pikiran secara lebih positif. Pentingnya support system terutama suami, adalah hal yang sangat berarti di saat-saat ini.

2. Teknik pernapasan

Salah satu cara untuk meredakan nyeri saat kontraksi adalah melakukan teknik pernapasan. Tarik dan hembuskan napas secara teratur untuk membantu meredakan rasa sakit.

Inilah mengapa mengikuti kelas persiapan melahirkan sangat penting, sebab salah satu diantaranya adalah latihan teknik pernapasan yang tepat untuk mengelola kontraksi.

Meski nyeri terus terasa, dengan menarik napas Moms bisa menjadi lebih rileks dan tenang, lho.

3. Aktif bergerak

Saat sakit kontraksi melanda, justru Moms tidak disarankan untuk diam saja! Yuk, saatnya Moms melakukan banyak aktivitas untuk mengalihkan perhatian Moms kepada aktivitas yang sedang Moms lakukan. Misalnya, berjalan kaki, duduk di bola persalinan, jongkok, atau berpindah tempat duduk.

4. Pijatan

Cara meredakan sakit kontraksi melahirkan yang lainnya adalah dengan pijatan. Moms bisa meminta bantuan Dads untuk memijat punggung Moms dengan usapan lembut, nih!

Selain membuat tubuh lebih rileks, pijat juga dapat menghilangkan ketegangan dan melenturkan otot tubuh yang kaku.

Pastikan Moms meminta dipijat pada bagian-bagian yang diperbolehkan, ya. Seperti betis, tangan, lengan, serta punggung.

5. Teknik rebozo

Teknik rebozo adalah teknik yang meredakan kontraksi dengan bantuan kain. Untuk melakukan teknik ini, Moms bisa menggunakan kain jarik atau scarf tebal.

Caranya, letakkan jarik panjang di bawah perut, lalu tarik kedua sisis untuk mengurangi tekanan dari perut bagian bawah.

Tekanan ini bisa membantu meringankan ketidaknyamanan saat persalinan. Nah, untuk melakukan teknik rebozo ini, Moms mungkin memerlukan bantuan dari Dads, anggota keluarga lainnya atau suster.

Jika Moms ingin alternatifnya yang lebih mudah, Moms bisa menggunakan MOOIMOM Maternity Beltyang bisa Moms gunakan sejak usia kandungan 4 bulan.

6. Terapi air

Berendam atau mandi di air hangat merupakan cara yang bagus untuk mengatasi kontraksi. Namun, jangan terlalu lama ya, Moms! Sebab, air hangat bisa membuat tubuh Moms menjadi rentan dehidrasi. Sementara air biasa atau air dingin bisa membuat tubuh Moms kedinginan.

Lakukan secukupnya sekitar 5-10 menit. Hal ini dinilai efektif untuk meredakan nyeri saat kontraksi.

Itulah beberapa cara meredakan kontraksi saat melahirkan. Yang terpenting, tetap berpikiran positif dan selalu bahagia karena sebentar lagi Moms akan bertemu dengan si buah hati.

Semoga lancar ya Moms persalinannya :)

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Postpartum Gauze Belt-3 stage / Korset Pelangsing
MOOIMOM Postpartum Gauze Belt-3 stage / Korset Pelangsing

Rp 249,000

MOOIMOM 3 in 1 Postnatal Recovery Breathable Corset / Korset Pelangsing
MOOIMOM 3 in 1 Postnatal Recovery Breathable Corset / Korset Pelangsing

Rp 389,000

MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset
MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset

Rp 756,000

Bamboo Maternity Support Belt | Sabuk Penyangga Perut Hamil
Bamboo Maternity Support Belt | Sabuk Penyangga Perut Hamil

Rp 499,000

MOOIMOM White Maternity Belt
MOOIMOM White Maternity Belt

Rp 199,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved