Homepage Loading Icon
Bagaimana Cara Meningkatkan Produksi ASI?

Bagaimana Cara Meningkatkan Produksi ASI?

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon17 11 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Menyusui,

Tanya:

Saya memerah ASI untuk distok karena beberapa minggu lagi masa cuti saya akan habis. Biasanya dalam waktu berapa lama produksi ASI akan meningkat lagi?

Soalnya apabila setelah memerah ASI dan saya ingin menyusui, bayi sepertinya tidak puas bila meminum ASI lewat botol. Mohon solusi bagaimana supaya produksi ASI bisa melimpah.

Jawab:

Menyusui bayi secara langsung memang berbeda, karena akan membentuk hubungan batin dan psikologis antara ibu dan bayinya. Hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan adalah cobalah untuk terlebih dahulu menyusui bayi anda, baru setelah itu memompa ASI untuk disimpan di dalam botol. Demikian bayi anda menjadi kenyang terlebih dahulu dan tubuh anda mempunyai waktu untuk kembali memproduksi ASI

Sampai saat ini tidak ada ukuran standar hingga berapa lama kita harus "istirahat" menyusui hingga susu dalam payudara terisi kembali.

Tubuh kita dapat menyesuaikan produksinya dengan kebutuhan si bayi, atau dengan seberapa seringnya kita memompa ASI tersebut. ASI dalam payudara sebenarnya hampir tidak pernah kosong, selalu ada yang tersisa setelah porses menyusui atau setelah dipompa, walaupun dalam jumlah yang sangat sedikit.

Usahakanlah agar jeda antara waktu menyusui antara yang satu dan yang lain tidak begitu lama, bila bisa usahakanlah antara 2-3 jam. Bila "jeda" waktu menyusui ini terlampau lama maka biasanya produksi ASI dalam tubuh dapat menurun.

Bila jeda ini dipertahankan atau proses menyusui dilakukan makin sering maka hal ini dapat memberi rangsangan kepada tubuh untuk menghasilkan ASI lebih banyak.

Selain itu anda dapat pula mengkonsumsi suplemen ASI yang banyak beredar di pasaran, guna memastikan tubuh mendapat asupan nutrisi yang cukup guna menghasilkan ASI yang cukup jumlahnya dan berkualitas.

Dijawab oleh dr. Janfrional

(Sumber: orami)

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured  Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

[PRENAVITA] ASI Booster Honey Lychee Flavoured Powder Drink (2 Sachet)
[PRENAVITA] ASI Booster Honey Lychee Flavoured Powder Drink (2 Sachet)

Rp 29,000

MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

MOOIMOM Milk Collection Shell - Alternatif Penampung ASI
MOOIMOM Milk Collection Shell - Alternatif Penampung ASI

Rp 159,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved