Homepage Loading Icon
Akibat Telat Makan bagi Ibu Hamil

Akibat Telat Makan bagi Ibu Hamil

author iconfallin
date icon03 05 2019
category iconMasa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui,

Ibu hamil terutama di tahap kehamilan trimester pertama seringkali merasa hilang nafsu makan. Padahal di tahapan ini tubuhnya memerlukan banyak nutrisi untuk membantu perkembangan kesehatan janin. 

 

Ibu hamil yang terbiasa melewatkan makan, membuat risiko terjadinya heartburn dan maag. Padahal ibu hamil sebisa mungkin menghindari penyakit ini lho.

 

Berikut adalah masalah kesehatan yang bisa terjadi pada tubuh ibu hamil dengan jam makan tidak teratur:

 

1. Kenaikan berat badan signifikan

Ini sebaiknya jangan sampai terjadi di kehamilan trimester ketiga. Kecuali kalau kenaikan berat badan secara signifikan tersebut disarankan oleh dokter kandungan kamu. Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan cara melompati jam makan, maka kamu salah. Sebab kebiasaan tersebut justru akan menimbulkan kekacauan sistem tubuh yang berakhir dengan kenaikan berat badan. Hal ini bisa memengaruhi perkembangan janin, terlebih pada kehamilan di trimester akhir. 

 

2. Perubahan hormon

Bila kamu melewatkan waktu makan, maka keseimbangan hormon dalam tubuh bisa ikut terpengaruh. Kortisol akan meningkat dan membuat kamu jadi tegang. Perubahan hormon ini juga berkontribusi terhadap peningkatan berat badan. Sedikit banyak juga berpengaruh bisa membuat kamu mudah kelelahan.

 

3. Masalah pencernaan

Ibu hamil disarankan untuk makan tiga kali sehari dengan menu yang sehat. Hal ini bertujuan agar fungsi sistem pencernaan menjadi sehat. Penting untuk memerhatikan poin ini karena masalah pencernaan sebaiknya dicegah oleh ibu hamil.

 

4. Mudah lelah

Makan tidak teratur akan memperlambat sistem metabolisme kamu dan mampu membuat kamu menjadi lebih mudah lelah. Hal ini tentu saja mampu mempengaruhi fungsi normal dari keseluruhan sistem kesehatan tubuh.

 

5. Memengaruhi kebiasaan makan

Melompati jam makan tentu akan mempengaruhi kebiasaan makan kamu. Oleh karena itu jangan sesekali melompati waktu makan. Meski hilang napsu makan, tetap coba konsumsi sesuatu ya Ma. Setidaknya makan sereal atau buah-buahan seperti apel dan pepaya.

 

6. Risiko diabetes gestasional

Jika kamu adalah pasien diabetes, melewatkan jam makan mampu membawa dampak serius pada kesehatan tubuh. Kekurangan glukosa akan membuat penyakit diabetes gestasional pada ibu hamil bertambah parah.

 

7. Mood swing

Pernahkah kamu merasa marah saat lapar? Hal tersebut menjadi salah satu akibat dari kebiasaan melompati jam makan kamu. Ini ada kaitannya dengan kemampuan metabolisme tubuh dan hormon ibu hamil. Ingat, ibu hamil tidak boleh sering marah-marah yah. 

 

8. Penurunan kinerja otak

Glukosa pada makanan memberi bahan bakar pada otak. Oleh karena itu saat kamu melewatkan jam makan, glukosa dalam tubuh akan berkurang dan otak tidak bisa berfungsi dengan baik. Ibu hamil memerlukan energi yang sepadan untuk menunjang kegiatan, termasuk untuk mensuplai makanan bagi janin.

 

9. Makan lebih banyak

Saat melompati jam makan, seringkali Anda akan makan lebih banyak makan di waktu makan berikutnya. Anda akan ‘balas dendam’ dengan porsi makan yang jauh lebih banyak. Nggak jarang karbohidratnya malah berlebihan. Inilah yang harus dihindari ibu hamil. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
BACA JUGA
Rekomendasi Produk
Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 190,000

Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

IDR 290,000

Casual Maternity Shorts Celana Pendek Ibu Hamil
Casual Maternity Shorts Celana Pendek Ibu Hamil

IDR 229,000

Skinny Maternity Jeans with Rips Celana Jeans Hamil
Skinny Maternity Jeans with Rips Celana Jeans Hamil

IDR 499,000

Full Coverage Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
Full Coverage Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 350,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved