Homepage Loading Icon
4 Risiko Jika Ibu Hamil Duduk Terlalu Lama

4 Risiko Jika Ibu Hamil Duduk Terlalu Lama

author iconanisyukur
date icon30 08 2019
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Gizi & Kesehatan,

Moms yang tengah hamil pasti sering merasa lelah sehingga akan lebih banyak duduk dibandingkan melakukan aktivitas lain. Tidak hanya itu, beberapa Moms yang bekerja di kantor biasanya juga lebih banyak duduk saat bekerja. Tahukah Moms jika terlalu lama duduk bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, khususnya selama masa kehamilan trimester kedua dan ketiga. Apa saja risiko kesehatan yang akan diderita ibu hamil? 

Darah menggumpal 

Posisi duduk akan menekan pinggul bagian bawah sehingga dapat menghambat peredaran darah. Dengan volume darah yang meningkat hingga 50 persen saat hamil, hal ini akan membuat darah menggumpal di bagian tubuh tertentu, seperti panggul dan kaki. Jika ini berlangsung dalam waktu lama, Moms bisa berisiko terkena penyakit trimbosis vena dalam (DVT) dan emboli paru yang sangat fatal bila terjadi pada Anda.

Kelebihan berat badan

Duduk terlalu lama membuat Moms malas bergerak, sehingga berat badan juga bisa bertambah secara tidak sehat. Risiko dari hal ini adalah membuat proses melahirkan menjadi sulit hingga timbulnya penyakit penyakit diabetes gestasional. Kemungkinan lainnya, Moms akan mengalami kelahiran pre-eklampsia, bayi lahir terlambat, bayi lahir melalui operasi caesar, hingga keguguran.

Nyeri di perut

Seiring bertambahnya usia kehamilan, perut akan semakin membesar dan mungkin akan terasa nyeri. Hal ini dikarenakan rahim yang semakin besar dan akan memenuhi rongga perut Moms. Jika Moms terlalu lama duduk, maka rasa nyeri tersebut akan semakin parah sebab posisi tersebut membuat rongga perut semakin tertekan.

Depresi

Dilansir dari Futurity, sebuah penelitian menemukan bahwa ibu hamil yang duduk terlalu lama dapat memicu gejala depresi. Hal ini disebabkan tubuh Moms yang kurang bergerak, sehingga membuat indeks massa tubuh (IMT) juga bertambah dan menjadi faktor-faktor timbulnya depresi pada ibu hamil.

Durasi Duduk Aman

Moms tentu boleh saja duduk jika merasa lelah. Namun menurut dr. Alan Hedge dari Cornell University, New York, AS, setiap Anda duduk selama kira-kira 20 menit, usahakan untuk berdiri dan regangkan otot-otot selama 8 menit. Yang terpenting, imbangi juga dengan aktivitas fisik atau olahraga seperti berenang dan berjalan kaki secara rutin. 
 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil
Maternity Belt / Sabuk Penyangga Perut Hamil

IDR 290,000

3 Pack High Waist Briefs
3 Pack High Waist Briefs

IDR 447,000

Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan
Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan

IDR 199,000

Full Coverage Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
Full Coverage Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 350,000

Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 499,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand
ABC Design Brand
Hamako Brand
Klara Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved