Mamapedia Logo
Tips mengajarkan Si Kecil Makan Sendiri

Tips mengajarkan Si Kecil Makan Sendiri

author iconJanice Susana
date icon04 10 2018
category iconGaya Hidup, Tumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Tips, Keluarga,

Si kecil udah makin besar? Mungkin sudah saatnya nih Moms untuk mengajarinya makan sendiri, Ga mungkin kan terus-terusan menyuapinya? Yuk simak beberapa tips berikut Moms.

Finger Food

Tahap awal ini untuk mengajarinya cara menggenggam makanan lalu membawa makanan agar sampai ke mulut dan memakannya. Moms bisa memberikan si kecil makanan yang lunak dan mudah digenggam olehnya, seperti buah apel/papaya yang dipotong keci, wortel kukus, brokoli kukus, kentang rebus, dan lain sebagainya.

Dianjurkan untuk si kecil dengan tahap usia 6-8 bulan. Pastikan juga ketika ia sudah mampu mengambil benda yang ada di sekelilingnya, duduk sendiri dan juga mampu mengunyah serta mengeluarkan makanan ya Moms.

Perkenalkan sendok sebagai alat makan

Setelah si kecil lancar dengan finger food, Moms boleh mulai memperkenalkannya dengan sendok. Tahapan ini bisa dilakukan ketika usianya 13-15 bulan. Moms harus melatih si kecil dengan penuh kesabaran ya Moms, Perlu disadari bahwa si kecil akan sering menjatuhkan makanannya dan membuat kotor. Namun membiarkannya untuk makan sendiri merupakan hal yang baik untuk melatih kemampuan dan perkembangannya. Moms bisa melapisi baju si kecil dengan celemek dan juga melapisi meja makannya dengan perlindungan table mat supaya menjaga dirinya tetap bersih serta terhindar dari kuman-kuman yang berbahaya.  Jangan lupa untuk memotong kecil-kecil makanan agar memudahkan si kecil meraihnya ya.

 

Perlu diingat juga bahwa perkembangan setiap anak berbeda-beda, jangan paksakan apabila si kecil belum mampu ya Moms. Selamat mencoba!

 

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE