Homepage Loading Icon
Manfaat Mendengarkan Musik untuk Janin

Manfaat Mendengarkan Musik untuk Janin

author iconYudi Handoko
date icon31 12 2019
category iconGaya Hidup, Masa Kehamilan,

(sumber gambar: https://psychologenie.com/)

Masih menjadi perdebatan dari ahli terkait penelitian bahwa memperdengarkan musik dapat membuat bayi lebih pintar atau IQ nya lebih tinggi setelah lahir. Namun memperdengarkan musik untuk janin selama dalam kandungan terbukti memberi banyak manfaat seperti:

 

1. Menenangkan dan mengurangi stres pada janin

Musik yang Mama perdengarkan pada si kecil akan berpengaruh pada kepribadian si kecil. Dengan memperdengarkan musik yang tenang dan menenangkan, akan membantu bayi membentuk kepribadian yang tenang. Musik yang keras atau tak beraturan sebaliknya dapat membuat bayi mudah stres dalam kandungan.

 

2. Dapat Membuatnya Tenang Setelah dilahirkan

Sekelompok ilmuwan melakukan penelitian dengan memutarkan beberapa melodi musik setiap 5 kali seminggu dengan total durasi 15 menit pada usia kehamilan 29 minggu atau lebih. Kemudian 2-3 minggu setelah lahir, mereka menguji respon bayi.

 

Didapatkan bayi dapat mengingat jenis musik yang pernah ia dengar dan menjadi tenang ketika musik tersebut kembali di putar. Hal ini bukti bahwa pada janin telah berkembang ingatan jangka panjang.

 

3. Mengajarkan Berkomunikasi

Komunikasi juga dapat diajarkan dengan cara mendengarkan musik klasik pada janin. Sebelum dilahirkan, suara yang selalu terdengar menjadi sebuah dasar untuk meningkatkan informasi.

Sebuah penelitian menjelaskan prinsip musik dasar yang dipelajari dalam kandungan bermanfaat untuk bayi saat mereka mempelajari ucapan Mama dan orang yang akan mengurusnya.

 

3. Meningkatkan reflek

Irama musik klasik mirip dengan detak jantung seorang Ibu. Bayi memang senang bereaksi dan bergerak terhadap suara. Dengan rutin mendengarkan berbagai musik, janin di dalam kandungan bisa memiliki aneka gerakan yang ia lakukan sebagai bentuk respon pendengarannya.

 

4. Meningkatkan Kemampuan Indra Pendengaran

Ketika Mama mendengarkan musik melalui headphone, ini dapat meningkatkan konsentrasi, indra pendengaran, dan keterampilan si janin di dalam rahim. Mungkin janin tidak memahami musik pada saat ini, tetapi getaran dan gelombang musik yang mencapai si janin di dalam kandungan dapat membuatnya lebih berkonsentrasi pada suara dan hal ini baik untuk merangsang indra pendengarannya.

 

 

 

 

Source: by dr. Fitri Hidayati  December 4, 2019 in BAYI DAN ANAK, Kehamilan, MAMA PAPA

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand
ABC Design Brand
Hamako Brand
Klara Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved