Homepage Loading Icon
Cara Cerdas Memompa ASI di Kantor

Cara Cerdas Memompa ASI di Kantor

author iconfallin
date icon13 03 2019
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Menyusui, Tips,

Masa cuti melahirkan akan segera habis. Stok ASI juga belum aman. Maka satu-satunya cara adalah Anda harus disiplin memompa untuk memenuhi kebutuhan ASI bayi selama Anda bekerja. 

 

Perlu diketahui akan banyak alasan dan halangan dari dalam maupun luar yang dapat menghambat niat Anda untuk tetap memberikan ASI Eksklusif pada bayi. 

 

Ikuti beberapa cara cerdas berikut agar rutinitas memompa ASI di kantor berjalan lancar tanpa menggangu pekerjaan atau sebaliknya. 

 

Pahami Hak Ibu Menyusui

Hukum Indonesia mengatur hak semua ibu untuk menyusui (Pasal 83 UU No. 13/2003). Namun realisasinya tidak semua atasan mengerti  apa hak-hak Anda. Bicarakan rencana menyusui dengan atasan Anda jauh-jauh hari sebelum kembali bekerja, bahkan sebelum bayi lahir. Bicarakan pada atasan bahwa Anda membutuhkan waktu-waktu tertentu untuk memompa dan membutuhkan area privat yang bersih di mana Anda dapat memompa ASI.

 

Gunakan Pompa ASI Elektrik

Jangan pilih pompa ASI yang asal murah. Beli versi terbaik yang Anda mampu. Gunakan pompa ASI elektrik yang memungkinkan Anda untuk memompa kedua payudara pada saat yang sama untuk hemat beberapa menit berharga setiap kali Anda memompa. Pelajari fitur-fitur pada pompa ASI untuk membuat waktu memompa Anda efektif dan efisien. Pelajari pula cara membersihkan pompa dan sesuaikan dengen keadaan di kantor. 

 

Buat Jadwal Menyusui

Pekerjaan bisa jadi sangat menuntut dan mengganggu, tanpa disadari Anda sudah kelewatan sesi memompa. Produksi ASI Anda pun akan menurun dan berdampak pada stok ASIP. Jika Anda memiliki Microsoft Outlook atau program kalender lainnya, penting untuk membuat reminder setiap jadwal memompa.

Anda juga bisa memasang reminder di handphone beberapa kali agar ketika Anda melewatkan satu reminder, ada beberapa reminder lainnya yang akan mengingatkan Anda setiap waktu. Beri tahu rekan kerja Anda setiap Anda ingin memompa, atau tinggalkan catatan di meja kerja Anda agar sesi memompa tidak terganggu. 

 

Kenakan Pakaian yang Menunjang 

Kenakan pakaian yang mudah untuk dibuka atau dilepas karena Anda akan sibuk membuka-tutup baju beberapa kali sehari. Hindari material baju yang mudah menunjukkan noda seperti sutra. Atasan gelap atau bermotif aman untuk digunakan. Untuk memudahkan memompa, kenakan bra menyusui. Bra jenis ini memungkinkan Anda untuk memompa “lepas tangan” — tanpa harus memegangi botol — sehingga Anda masih mampu mengerjakan hal lainnya di saat bersamaan.

 

Siapkan Peralatan di Malam Sebelumnya

Persiapkan semua perlengkapan memompa ASI yang Anda butuhkan di malam sebelumnya: alat pompa bersih, kotak pendingin untuk menyimpan stok ASI perah, sikat untuk mencuci botol dan pompa, botol susu bersih, bra menyusui cadangan, tisu basah dan kering, dan suplemen menyusui (opsional). 

 

Yang perlu diingat Anda harus mengosongkan dulu payudara sebelum berangkat bekerja. Di malam hari setelah sampai di rumah, usahakan untuk tetap memompa ASI satu atau dua kali sembari Anda menyusui anak langsung .  

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
2 in 1 Pumping Pack
2 in 1 Pumping Pack

IDR 489,000

BreastFeeding Nursing Cover Apron Celemek Menyusui
BreastFeeding Nursing Cover Apron Celemek Menyusui

IDR 263,120

Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

IDR 1,223,200

Cotton Wrap Long Sleeves Maternity Nursing Dress Baju Hamil & Menyusui
Cotton Wrap Long Sleeves Maternity Nursing Dress Baju Hamil & Menyusui

IDR 439,120

New Breastmilk Storage Bags 250ml - Kantong ASI
New Breastmilk Storage Bags 250ml - Kantong ASI

IDR 78,320

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand
ABC Design Brand
Hamako Brand
Klara Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved