Homepage Loading Icon
Cara Bersihkan Kerak di Kepala Bayi

Cara Bersihkan Kerak di Kepala Bayi

author iconDwi Ayu Rochani
date icon23 04 2020
category iconTips,

Kerak kepala atau Cradle cap adalah istilah umum untuk kondisi medis yang dikenal sebagai dermatitis seboroik pada bayi. Biasanya ruam berminyak dan bersisik agak kekuningan yang muncul di kulit kepala bayi yang berusia 1 hingga 3 bulan. Ini juga dapat muncul dalam bercak, pada area lain seperti wajah atau area popok. Kondisi ini sama sekali tidak menular dan cukup umum, tidak menyebabkan gatal atau membahayakan bayi.

Penyebab

Penyebab pasti Cradle Cap masih belum dapat diiketahui secara pasti. Namun, sejumlah peneliti percaya bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh kelebihan sebum pada kelenjar minyak serta folikel rambut. Malassezia merupakan jenis jamur yang dapat tumbuh pada sebum bersama bakteri yang kemungkinan memunculkan ketombe pada anak.

Seborrea Dermatitis paling sering terjadi pada bayi dan remaja. Faktor-faktor tertentu seperti misalnya kulit berminyak, cuaca ekstrem, sisrem kekebalan tubuh yang terganggu, stres dan gangguan kulit yang lainnya juga dinilai dapat memungkinkan munculnya Cradle Cap pada kepala bayi.

Sebetulnya tidak ada perawatan agresif yang disarankan pada bayi yang memiliki kerak kepala karena kondisinya diketahui menghilang dengan sendirinya pada waktunya. Namun demikian Moms tidak perlu panik, dilansir darihalodoc.com berikut ini cara membersihkan kerak di kepala bayi. 

Gunakan Baby Oil

Foto : Coconut.in

Baby oil adalah salah satu peralatan bayi yang sudah pasti ada di rumah. Untuk menghilangkan kerak, tuangkan baby oil secukupnya di telapak tangan lalu balurkan ke kulit kepala bayi sambil diberi pijatan selembut mungkin. Diamkan setidaknya selama 12 jam agar kerak di kulit kepala menjadi lunak dan nantinya akan mudah dibersihkan. Baby oil memang tidak membuat kerak mengelupas dengan sendirinya, namun dapat lebih mudah membuatnya “terlepas” dari kulit kepala.

Gunakan Sisir Tumpul

Foto : mybest.id

Ibu bisa menggunakan sisir dengan gerigi yang tumpul untuk menyisir rambut Si Kecil. Menyisir rambut bayi ini bertujuan untuk mengangkat kerak yang melunak karena sudah dibalur dengan baby oil semalaman. Selain tumpul, perhatikan juga gerigi sisir rapat sehingga dapat mengelupas kerak dari kulit kepala bayi dengan lebih mudah.

Gunakan Sampo

Foto : thenewageparents.com

Setelah menggunakan baby oil dan disisir, sebaiknya tunggu sehari hingga keesokan harinya untuk mencuci rambut bayi. Pilih sampo dengan kandungan yang lembut, lalu aplikasikan lembut untuk membersihkan rambut dan kulit kepala bayi. Lakukan dengan perlahan untuk mengangkat sisa kerak yang menempel. Setelah itu bilas rambut hingga benar-benar bersih agar sampo tidak tertinggal di kulit kepala. Sampo yang tidak dibilas bersih nantinya bisa menimbulkan kerak baru di kepala.


Itulah cara mudah bagi Moms jika ingin menghilangkan kerak pada kulit kepala bayi. Yang perlu diperhatikan dalam membersihkan kerak kepala bayi adalah tidak mengelupas kerak dalam keadaan kulit kepala kering. Tindakan ini bisa membuat kulit bayi iritasi. Jadi cara paling tepat adalah dengan menggunakan baby oil yang berfungsi untuk melunakan dan melembabkan kulit . 

Untuk mendapatkan baby oil yang aman untuk si kecil Moms bisa berbelanja di websitewww.mooimom.id . Khusus di bulan Ramadhan ada program promo MOOIMOM Ramadhan Big Fair dan gratis ongkir Up To 10 Ribu ke Seluruh Indonesia. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
[BONNELS] Essential Oil Diffuser 300ml
[BONNELS] Essential Oil Diffuser 300ml

Rp 576,000

[DOODLE] Exclusive Telon Oil Greentea Travel Size | Minyak Telon
[DOODLE] Exclusive Telon Oil Greentea Travel Size | Minyak Telon

Rp 27,000

[BONNELS] Essential Oil Happy Tummy 10ml
[BONNELS] Essential Oil Happy Tummy 10ml

Rp 198,000

[BONNELS] Essential Oil ASI Booster 15ml
[BONNELS] Essential Oil ASI Booster 15ml

Rp 289,000

[BONNELS] Essential Oil Cough & Flu 10ml
[BONNELS] Essential Oil Cough & Flu 10ml

Rp 198,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved