Homepage Loading Icon
Apa yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Gejala Virus Corona?

Apa yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Gejala Virus Corona?

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon26 03 2020
category iconGaya Hidup, keluarga, Tips,

Seperti yang sudah Moms ketahui, penyebaran virus korona semakin mengkhawatirkan. Bahkan, virus ini bisa menyebar dengan atau tanpa gejala. Gejala yang biasa ditimbulkan adalah demam, batuk, dan sesak nafas.

Segera temui dokter jika mengalami demam dan gejala penyakit pernapasan, seperti batuk atau sesak napas, dan telah melakukan kontak atau interaksi dengan orang yang diketahui positif COVID-19, atau jika tinggal di atau baru saja bepergian ke daerah yang terjadi penyebaran virus corona.

Moms harus segera beri tahu petugas medis yang menangani tentang perjalanan atau kontak terakhir yang Moms lakukan. Petugas medis akan bekerja sama dengan departemen kesehatan serta badan pengendalian dan pencegahan penyakit di Indonesia untuk menentukan apakah Moms perlu dites untuk COVID-19.

Langkah-Langkah untuk Mencegah Penyebaran COVID-19

Jika Moms mengalami ciri-ciri terinfeksi virus penyakit corona, ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk membantu mencegah penyebaran penyakit ke orang-orang di sekitar Moms.

Berdiam di Rumah, Kecuali untuk Mendapat Perawatan Medis

Orang-orang yang mengalami ciri-ciri terkena virus corona yang ringan mungkin diperbolehkan untuk mengisolasi diri di rumah mereka sendiri. Jika Anda diperbolehkan pulang ke rumah, Anda perlu membatasi kegiatan di luar rumah, kecuali untuk mendapat perawatan medis.

Jangan pergi ke tempat kerja, sekolah, atau ke tempat-tempat umum lainnya. Jangan pergi dengan transportasi umum, dengan mobil yang dipakai bersama orang lain, atau dengan taksi.

Pisahkan Diridari Orang Lain dan Binatang Peliharaan di Rumah

Orang lain: Sebisa mungkin, Anda harus tinggal di ruangan sendiri dan terpisah dari orang lain di rumah Anda. Anda juga harus menggunakan kamar mandi yang terpisah, jika ada.

Binatang: Anda harus membatasi interaksi dengan hewan peliharaan dan hewan lain saat mengalami ciri-ciri virus penyakit corona, sama seperti yang Anda lakukan pada orang. Jika memungkinkan, mintalah keluarga Anda untuk merawat hewan peliharaan saat Anda sakit.

Jika Anda mengidap COVID-19, hindari kontak dengan hewan peliharaan Anda, termasuk mengelus, meringkuk, dicium atau dijilat, dan berbagi makanan. Jika Anda harus merawatnya atau berada di dekatnya saat sedang sakit, cucilah tangan sebelum dan setelah berinteraksi dengannya dan pakai masker wajah.

Hubungi DahuluSebelum Menemui Dokter

Kalau Anda punya janji bertemu dokter, hubungi dulu dokter tersebut dan beri tahu bahwa Anda memiliki ciri-ciri terjangkit virus corona. Ini akan membantu dokter dan petugas medis yang membantunya untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar orang lain tidak terinfeksi atau terpapar.

PakaiMaskerWajah

Anda harus memakai masker wajah ketika berada di sekitar orang lain (misalnya saat berbagi kamar atau kendaraan) atau hewan peliharaan sebelum Anda masuk ke ruang pemeriksaan di rumah sakit. Jika Anda tidak dapat memakai masker (misalnya karena membuat sulit untuk bernapas), maka orang yang tinggal bersama Anda tidak boleh berada di ruangan yang sama dengan Anda, atau mereka harus memakai masker wajah jika mereka masuk ke ruangan Anda.

Tutupi MulutSaat Batuk dan Bersin

Tutupi mulut dan hidung menggunakan tisu saat batuk atau bersin. Langsung buang tisu ke tempat sampah. Segera cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik atau, jika sabun dan air tidak tersedia, dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol setidaknya 60%.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
59s - UVC LED Strilizing Mommy Bag / Tas Strerilizer Portable
59s - UVC LED Strilizing Mommy Bag / Tas Strerilizer Portable

Rp 1,800,000

59s - UVC LED Mini Strerilizing Box / Boks Sterilizer Mini
59s - UVC LED Mini Strerilizing Box / Boks Sterilizer Mini

Rp 499,000

59s - UVC LED Sterilizing Lid / Sterilizer Penutup
59s - UVC LED Sterilizing Lid / Sterilizer Penutup

Rp 599,000

59s - UVC LED Sterilizing Box / Boks Sterilizer
59s - UVC LED Sterilizing Box / Boks Sterilizer

Rp 2,500,000

59s UVC LED Sterilizing Box (Built in Battery) / Boks Sterilizer Portable
59s UVC LED Sterilizing Box (Built in Battery) / Boks Sterilizer Portable

Rp 2,900,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved